Senin, 18 April 2011

Komputerisasi Lembaga Keuangan Perbankan (KLKP)

Loan to Deposit Ratio (LDR)

Loan to Deposit Ratio (LDR) adalah Rasio antara seluruh jumlah kredit yang diberikan bank dengan dana yang diterima oleh bank. Rasio ini menunjukkan salah satu penilaian likuiditas bank. Semakin tinggi rasio tersebut memberikan indikasi semakin rendahnya kemampuan likuiditas bank yang bersangkutan. Hal mi disebabkan karena jumlah dana yang diperlukan untuk membiayai kredit menjadi semakin besar. Loan to Deposit Ratio (LDR) merupakan rasio untuk mengukur komposisi jumlah kredit yang disalurkan dibandingkan dengan jumlah dana masyarakat dan modal sendiri yang digunakan ( Kasmir, 2003:227).

LDR : Total Loans x 100%

Total Deposit + Equity

Rasio ini menggambarkan kemampuan bank membayar kembali penarikan yang dilakukan nasabah deposan dengan mengandalkan kredit yang diberikan sebagai sumber likuiditasnya. Semakin tinggi rasio ini, semakin rendah kemampuan likuiditas bank. (Dendawijaya, 2000: 118)

Rasio LDR juga merupaka indikator kerawanan dan kemampuan suatu bank. Apabila kredit yang disalurkan mengalami kegagalan atau bermasalah, maka bank akan megalami kesulitan untuk mengembalikan dana yang dititipkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah membatasi rasio antara kredit dibandingkan dengan simpanan masyarakat pada bank yang bersangkutan. Menurut Kasmir (2003: 272), batas aman LDR menurut peraturan pemerintah adalah 110%.

Unsur-unsur Loan to Deposit Ratio:

1. Total Loans

Total Loans adalah semua realisasi kredit dalam rupiah dan valuta asing yang diberikan bank termasuk kantornya di luar negeri, kepada pihak ketiga bukan bank di dalam maupun di luar negeri.

2. Total Deposit

Total Deposit adalah dana yang dihimpun oleh bank yang berupa:

a. Giro.

b. Deposito Berjangka.

c. Sertifikat Deposito.

d. Tabungan.

3. Equity

Equity adalah modal yang terdiri dari modal disetor dan cadangan-cadangan yang dibentuk dari laba setelah pajak.

digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/archives/HASH0181/.../doc.pdf - Mirip

2 komentar:

  1. Halo,
    Mencari pinjaman yang asli ?, apakah Anda memerlukan uang untuk memulai bisnis atau memperbaiki keuangan Anda, pernahkah Anda ditolak oleh bank atau lembaga keuangan lainnya? Cari tahu lebih banyak, saya Mrs. Ivana Majdandzic adalah pemberi pinjaman pinjaman pribadi di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi masa lalu. Kami adalah perusahaan pinjaman yang terpercaya, terpercaya dan transparan yang menawarkan segala jenis pinjaman dengan tarif rendah dan terjangkau sebesar 2% dan kami akan dengan senang hati bersedia menawarkan pinjaman hari ini untuk info lebih lanjut hubungi kami melalui email. Di {ivanamajdandzic9@gmail.com}.
    Tuhan memberkati Anda.

    BalasHapus
  2. Hati-hati jangan mudah percaya dengan semua Lender dari Nigeria termasuk Ivana Majdandzic yang seorang penipu hanya ingin mencari uang dengan cara menipu saya dan tidak bisa membuktikan statementnya dengan benar. Hati-hati, Ivana Majdandzicn adalah Wanita penipu.

    BalasHapus